+ prev - next
The official blog of Ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta

← this way to navigate. Welcome to ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta's official blog!

PESANTREN KILAT KELAS X #33 SMAN 49 JAKARTA 2012/2013 DAN ACARA BUKA PUASA BERSAMA

Was posted on Thursday, August 16, 2012

at 8:53 AM Edit Post.
 Buat yang muslim, pasti udah nggak asing lagi dong dengan kegiatan rutin tahunan yang sebagian besar diadakan di SMP/SMA negeri maupun swasta di Jakarta ini. Nah, begitu juga di sekolah kita yaitu SMAN 49! Kegiatan pesantren kilat yang diadakan selama 3 hari berturut-turut di bulan Ramadhan yang berlangsung dari tanggal 8, 9, dan 10 Agustus 2012 berlangsung cukup baik dan lancar. Meskipun ada beberapa sedikit kendala mengenai jadwal di hari pertama, tetapi secara garis besar acara pesantren kilat yang diselenggarakan oleh panitia ROHIS 49 dan OSIS ini sukses, lho! Mau tau apa aja kegiatan bermanfaat yang dilakukan di dalam acara pesantren kilat ini? Just let’s see! :) 


DAY 1 (Rabu, 8 Agustus 2012)

Kegiatan pesantren kilat di hari pertama dimulai pada pukul 06.30 WIB. Seluruh murid kelas 10 yang beragama Islam—ikhwan dan akhwat—ditempatkan di kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang telah didekor menjadi semacam aula yang cukup luas untuk dijadikan tempat kegiatan sanlat seangkatan. Untuk seluruh siswi yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan memakai jilbab / kerudung. Murid-murid putra diberi tempat duduk di sebelah kiri dan murid-murid putri di sebelah kanannya dengan dibatasi oleh kursi-kursi berselubungkan kain yang telah ditata. Tempat duduk menghadap ke timur, dan di depan ruangan terpasang poster / spanduk besar bertuliskan kegiatan pesantren kilat SMAN 49 Jakarta 2012 / 2013.
Secara keseluruhan, kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan oleh pengurus-pengurus ROHIS SMAN 49 dan juga dengan bantuan OSIS dan kesiswaan. Dimulai dari kepanitiaannya, sampai PJ yang bertanggung jawab di tiap kelas juga berasal dari pengurus ROHIS 49. Ketua Pelaksananya adalah Kak Fathurrahman, yang juga merupakan pengurus OSIS.

Acara pertama dimulai dengan mendengarkan pengajian dari salah seorang siswa SMAN 49. Larangan-larangan yang ditentukan selama kegiatan pesantren kilat ini yang terutama adalah tidak boleh memainkan handphone atau barang-barang lainnya seperti membaca novel / komik selama kegiatan sanlat berlangsung. Setelah kurang lebih 30 menit diadakan pengajian, acara selanjutnya adalah shalat Dhuha. Untuk murid-murid putra tempat shalatnya yaitu di masjid Al-Fithyan sementara untuk putri dilangsungkan di ruangan sanlat.

Usai shalat Dhuha, dilangsungkan kegiatan seminar motivasi dan ceramah oleh narasumbernya yaitu ustadz dan / atau guru agama, serta alumni ROHIS 49 yaitu Kak Sultan. Acara motivasi dan ceramah berlangsung kurang lebih selama 2 jam dengan lancar, diselingi dengan pelaksanaan lomba adzan yang pesertanya merupakan perwakilan tiap kelas baik dari X-1 sampai dengan X-6.

Pada pukul 12.00 WIB setelah adzan Dzuhur, peserta sanlat melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah—dipandu dengan pengurus-pengurus ROHIS. Kemudian diadakan acara tadarus bersama selama 10 menit. Setelah itu, acara motivasi dan ceramah kembali dilanjutkan sampai pukul 15.00 WIB, dan akhirnya tiba di penutup acara dan doa bersama.

Untuk hari pertama, masih terdapat beberapa kendala kecil yaitu ada beberapa murid yang sakit karena kelelahan dan kurangnya informasi tentang waktu pelaksanaan serta jam pulang. Tetapi secara keseluruhan, kegiatan sanlat di hari pertama sudah cukup baik. Great job, kakak-kakak! :D


 Day 2 (Kamis, 9 Agustus 2012)

Kegiatan sanlat di hari kedua dimulai dengan pemberian materi berupa ceramah agama dan motivasi hidup. Kemudian acara dilanjutkan dengan lomba MTQ atau Tilawatil Qur’an. Seperti lomba adzan, pesertanya juga merupakan perwakilan masing-masing kelas dari X-1 sampai X-6.

Pukul 12.00 WIB, peserta melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan acara tadarus bersama seperti pada hari pertama. Setelah itu disajikan training motivasi hidup oleh Kak Husen sampai dengan pukul 14.00 WIB. Di akhir acara, kira-kira pukul 13.00-15.00 WIB, peserta mendapat hiburan pertunjukan marawis kemudian diakhiri dengan doa bersama.

Acara di hari kedua berjalan lebih lancar dan baik daripada hari pertama. Sepatu-sepatu dijajarkan sesuai dengan kelasnya masing-masing, kemudian peserta masuk ke ruang sanlat dengan tertib. Selain itu jadwal pelaksanaannya juga tidak terlalu padat dibandingkan hari pertama. Tetapi secara garis besar, acara yang sudah dilangsungkan selama dua hari berturut-turut itu sangat bermanfaat dan berjalan dengan lancar.


Day 3 (Jumat, 10 Agustus 2012)

Acara sanlat di hari ketiga agak berbeda dibandingkan dua hari sebelumnya. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama untuk seluruh murid SMAN 49 di kelas masing-masing sampai dengan pukul 18.00 WIB. Peserta sanlat yang notabene adalah murid-murid kelas X diwajibkan datang pukul 10.00 WIB dengan pakaian baju muslim bebas dan mengenakan kerudung untuk akhwat sementara untuk kelas XI dan kelas XII yang bukan merupakan pengurus ROHIS / panitia sanlat diwajibkan datang pukul 15.00 WIB untuk persiapan berbuka puasa. Kemudian, seperti biasa, peserta dipersilakan masuk ke ruangan sanlat di kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Acara diawali dengan penyajian materi ceramah agama sampai pukul 12.00 WIB, kemudian para ikhwan peserta sanlat maupun pengurus ROHIS melaksanakan shalat Jum’at. Sementara untuk para akhwatnya disajikan program kajian islami keputrian bernama Peniti atau singkatan dari “Pesona Wanita Islami” dengan tema #WearHijab. Narasumbernya yaitu seorang mahasiswa semester akhir dari FMIPA UI Jurusan Biologi yang merupakan seorang aktivis rohis di kampusnya.

Setelah kegiatan shalat Jum’at dan Peniti selesai, dilangsungkan lomba kultum selama kurang lebih 30 menit. Pesertanya merupakan para ikhwan dari perwakilan kelas X-1 sampai X-6. Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah agama dari narasumbernya yaitu seorang ustadz, materinya yaitu tentang Siksa Kubur. 

Ceramah agama berlangsung dari pukul 13.00-14.30 WIB. Setelah itu tiba saatnya pengumuman pemenang dari 3 katerogri perlombaan yang dilaksanakan selama sanlat ini! Yaitu lomba adzan, MTQ, dan Kultum. Satu-persatu pemenang dibacakan oleh MC, dan riuh sekali sorak-sorai para peserta sanlat saat mengetahui perwakilan kelasnya menjadi pemenang.

Usai acara pengumuman pemenang lomba, para peserta sanlat disuguhkan hiburan menarik yaitu teater dan nasyid ROHIS SMAN 49. Kemudian Bapak Drs. H. Oman Somari selaku perwakilan dari bagian kesiswaan memberikan sambutan penutup dan akhirnya, tepat pada pukul 16.00 WIB acara pesantren kilat Ramadhan SMAN 49 tahun ajaran 2012 / 2013 resmi berakhir! *fireworks* yeah, akhirnya semuanya berlangsung dengan sukses :D two thumbs up for ROHIS 49’s member! Great job (y)

Setelah acara pesantren kilat selesai, kegiatan masih dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Acara ini dilaksanakan di kelas masing-masing dan dikoordinir oleh para pengurus kelas. Untuk siswa-siswi yang bukan pengurus, diwajibkan untuk mengikuti tadarus bersama di lapangan yang dipandu oleh para pengurus ROHIS dan Bapak H. Amron Khasani selaku guru agama.

Kemudian pukul 17.30, acara tadarus selesai dan seluruh murid dipersilakan masuk ke kelasnya masing-masing untuk persiapan berbuka. Sampai tibalah akhirnya adzan Maghrib, kegiatan buka puasa bersama dimulai dengan sukses dan lancar. Yeaahaha! \:D/

P.S :Berikut ini foto-foto candid hasil liputan tim reportase dengan bantuan pengurus ROHIS selama kegiatan sanlat ini berlangsung. Check it out! :p






Ada beberapa kesan dan pesan yang berhasil tim reportase dapatkan dari beberapa narasumber yaitu 
murid-murid kelas X, here we go!

“Sanlatnya asik! Jadwal kegiatannya bener-bener tersusun dan sistematik. Pengisi acaranya juga bagus dan menarik dari awal kegiatan hingga akhir. Dan ditambah lagi, panitianya jago banget bikin acara sanlat ini jadi nggak flat. Waktu jam istirahat yang kosong diisi dengan acara games yang seru. Tapi ada juga kekurangannya, di waktu hari pertama kegiatan sanlatnya sedikit kurang efektif. Soalnya para peserta sanlat belum diberitahu rangkaian jadwal acara dan waktu pelaksanaannya. Tetapi untungnya di dua hari berikutnya hal itu gak terulang lagi. Sukses deh buat ROHIS 49! :D” –(Raden Bregas, kelas X-4)
“Menurut saya, kegiatan sanlat ini banyak manfaatnya. Ada kelebihan dan juga kekurangannya. Misalnya, kegiatan ceramah agama atau mentoring dikemas menarik oleh beberapa narasumber handal, kehadiran kakak-kakak pengurus ROHIS yang seru dan menyenangkan sehingga menghilangkan rasa boring. Kalau untuk kekurangannya, ya.... mungkin jadwal istirahatnya kurang diperhitungkan. Seperti di hari pertama—banyak murid-murid yang sakit dan pergi ke UKS karena kelelahan. Pesan saya, semoga di acara sanlat tahun depan lebih baik lagi. Tetapi secara garis besar, acara sanlat ini sudah lebih dari bagus. Kapan lagi bisa jadi remaja islami yang taat kepada agama? Hehehe” –(Nurfian Adi, kelas X-3)
"Sanlatnya seru banget! Motivatornya lucu dan ada banyak hiburannya. Kita dikasih materi mentoring yang sangat bermanfaat dan juga games yang menyenangkan. Untuk kekurangannya, di hari pertama materinya agak padat dan membosankan dan lombanya kurang banyak ._. tapi secara keseluruhan, menurutku keren lho :D sukses yaa kakak-kakak rohis 49!" -(Feni Ismiati, kelas X-4)
"Acara sanlat ini sangat menyenangkan Kegiatannya benar-benar mendidik dan meningkatkan silaturrahmi. Pesan saya--semoga di tahun depan jadwalnya lebih efektif dan lebih banyak lagi kegiatannya yaa! Biar tambah seruu hahaha" -(Yazidie Rizki, kelas X-6)

Yap—semua juga setuju kalau kegiatan sanlat 49 ini cukup mengasyikkan! Walaupun menurut beberapa komentar yang ada, acara ini masih ada kekurangannya—tetapi seperti peribahasa tiada manusia yang sempurna kan? Harapannya adalah semoga kekurangan-kekurangan itu tidak terjadi lagi di tahun depannya. 
Tetapi secara keseluruhan, acara ini benar-benar mendidik dan bisa membina mental kita sebagai remaja Islami yang berprestasi dan taat kepada-Nya. Oleh karena itu, kita ucapkan selamat untuk para pengurus ROHIS SMA 49 yang merupakan siswa-siswi kelas 11 dan 12! :D tanpa partisipasi mereka, acara ini tidak akan bisa berlangsung dengan baik. Muchas gracias—and see ya next time! :))
  

Labels: ,

    Post a Comment

    0 People have Commented on PESANTREN KILAT KELAS X #33 SMAN 49 JAKARTA 2012/2013 DAN ACARA BUKA PUASA BERSAMA

Your thoughts feel free to share with us.

here, to speak your thoughts.

about us all you need to know about ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta

Reportase49

Hello there! This is the official blog of ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta, the only one Journalistic Extracurricular in SMAN 49 Jakarta. We are bringing you to the latest news from SMAN 49 Jakarta, Indonesia, and around the world. Things we do : Journalistic, Digital magazine, Majalah Dinding Reportase, Photography, Designing, Editing, Creative-writing, and Reportage. Reportase Crews #1-#8

extras

Reportase's activities

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from Reportase SMAN 49 Jakarta. Make your own badge here.
Majalah reportase Our youtube

archive list

theme: 1 2 inspiration: 1 2 3 4
images:1 2 fonts: google script: you know soh tanaka, right? html & css: 1 2
please don't remove, 'kay? we'd all appreciate it ♥
a more themes