+ prev - next
The official blog of Ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta

← this way to navigate. Welcome to ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta's official blog!

Diet, Being Thin, and Healthy Foods.

Was posted on Friday, May 4, 2012

at 6:58 PM Edit Post.

Pasti kalian sering denger sama kata 'diet' kan? Diet itu identik sama ga makan, atau mengurangi jumlah makanan yang di konsumsi, dan dengan mengurangi jumlah makanan yang masuk ke tubuh sebanyak mungkin, seringkali dipercaya akan mempercepat penurunan berat badan menuju berat badan yang di inginkan. But actually, orang-orang sering salah kaprah mengartikan diet. Sebenarnya, diet itu apa sih?

Menurut Dr. Luciana B. Sutanto (seorang spesialis gizi klinik di Jakarta), MS, Sp.GK, "Diet sebenarnya mempunyai arti kombinasi makanan dan minuman di dalam hidangan makan yang dikonsumsi sehari hari. Jadi, mengatur makan dengan pola yang sehat."

Efek Negatif Diet Ketat

Jika kalian makan dalam jumlah yang sangat sedikit, tubuh secara otomatis akan menerima tanda bahaya dan akan melindungi dari bahaya kelaparan. Oleh karena itu, tubuh kalian akan membakar kalori lebih sedikit dan metabolisme tubuh akan melambat dari biasanya. Dan ketika kalian sudah menghentikan "diet", maka kalian akan makan dan makan lebih banyak dari sebelumnya. Bukan karena serakah atau rakus, tetapi karena tubuh memerlukan makanan lebih banyak dalam rangka mengembalikan apa yang hilang sewaktu "diet". Oleh karena itu, yang terjadi adalah berat badan kalian memang turun pada saat diet, tetapi setelah menghentikan diet, berat badan bertambah lagi bahkan lebih banyak dari sebelum kalian melakukan diet.


Tips Diet

Here are some tips about diet :

  • Don't ever ever avoid to eat your breakfast.
  • Kalau suka minum teh, you should try green tea, dimana dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari.
  • Kalau suka minum susu, try the low-fat one.
  • Perbanyak minum air putih. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.
  • Makan dengan cara perlahan. Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas daripada orang Prancis? jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Prancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan. Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepal terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi Anda yang belum terbiasa, coba trik ini: letakkan sendok atau garpu saat Anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.
  • Batasi karbohidrat. Makanan tinggi protein, misalnya ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi.
  • Eat healthy foods.
  • Move your body! Berenang, lari, skipping, dance, ikut fitness, ikut futsal, basket, voli, dan lain lain. Pokoknya olahraga! Kalo cuma makan makanan sehat tapi ga olahraga, it will be useless.

What should you eat?

  • Sayur-mayur! Kalo bisa sayuran hijau. Try to eat salad. Tanpa mayonaisse ya! Satu sendok makan mayonnaise = 100 kalori dan 12 gram lemak. Ganti dressing nya dari mayo jadi plain yoghurt, madu, perasan jeruk nipis, atau.... NO DRESSING AT ALL.
  • Buah-buahan. Coba kiwi, stroberi, apel, pisang, berries, pepaya, dan jambu.
  • Ikan. Kaya protein, dan yummy. Try : salmon dan makarel.
  • Gandum. Try : Roti gandum. Atau cereal. Atau oatmeal. Oatmeal pas banget dimakan buat sarapan, di kombinasiin sama susu, berries, dan pisang.
  • Gabisa makan tanpa nasi? Try nasi merah.
  • Another healthy carbohidrats? Coba pasta. Atau kentang di rebus. Atau ubi.
  • Produk susu yang high-calsium, kayak susu kedelai, yoghurt, atau bahkan susu low-fat.
  • Suka ngemil? Cobain deh ngemil sehat. Try Jacob's biscuits, terus kombinasiin sama keju dan tomat. Tumpuk jadi kayak sandwich. Yum and healthy.
  • Kacang-kacangan. Tempe!
  • Dark chocolate
  • Ice cream is fine. Asal jangan kebanyakan.
  • Tofu.
  • Green tea. Tapi kalo gasuka green tea, coba teh manis, tapi ganti gula pake madu.
  • I know, you can't live without meats. Kalian tetep bisa makan daging kok. Daging ikan, atau daging ayam bagian dada nya.
    "Makanan yang mengandung lemak baik bisa jadi ga sehat kalau pengolahannya menggunakan lemak yang ga baik, contohnya di goreng." -dr. Samuel Oetoro, M.S., Sp.GK.
    Kurangi mengolah makanan dengan cara menggoreng dan ganti dengan cara merebus atau mengukus.

    “Diet seimbang memberikan gizi seimbang yang diperlukan tubuh dan memenuhi kebutuhan metabolisme normal.” -Dr. Luciana B. Sutanto, MS, Sp.GK







source :
http://pancallok.blogspot.com/2010/01/tips-diet-sehat-cara-menurunkan-berat.html
http://www.lucianasutanto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=66&Itemid=53
http://diet-sehat.net/content/20-diet-seimbang-cara-sehat-menjadi-langsing
Majalah Girlfriend edisi Agustus 2010

Labels: ,

    Post a Comment

    0 People have Commented on Diet, Being Thin, and Healthy Foods.

Your thoughts feel free to share with us.

here, to speak your thoughts.

about us all you need to know about ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta

Reportase49

Hello there! This is the official blog of ekskul Reportase SMAN 49 Jakarta, the only one Journalistic Extracurricular in SMAN 49 Jakarta. We are bringing you to the latest news from SMAN 49 Jakarta, Indonesia, and around the world. Things we do : Journalistic, Digital magazine, Majalah Dinding Reportase, Photography, Designing, Editing, Creative-writing, and Reportage. Reportase Crews #1-#8

extras

Reportase's activities

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from Reportase SMAN 49 Jakarta. Make your own badge here.
Majalah reportase Our youtube

archive list

theme: 1 2 inspiration: 1 2 3 4
images:1 2 fonts: google script: you know soh tanaka, right? html & css: 1 2
please don't remove, 'kay? we'd all appreciate it ♥
a more themes